Rabu, 24 Oktober 2012

"Grup Neraka" Liga Champions Kembali Membara

 Babak penyisihan Liga Champions Grup D kembali bergelora. Empat penguasa liga domestik di negara masing-masing akan kembali beradu ketangguhan di matchday ke-3, Kamis 25 Oktober 2012 dinihari WIB.

Real Madrid masih berstatus sebagai pemuncak klasemen dengan mengumpulkan 6 poin. Entrenador El Real, Jose Mourinho akan menguji kepintaran Jurgen Klopp di medan laga. Madrid akan bersua juara Bundesliga, Borussia Dortmund. Dipastikan, Madrid tidak akan mudah mencuri poin di Signal Iduna Park. Dortmund tentu tidak akan melewatkan kesempatan di kandangnya ini.

Peluang mreka untuk melompati Madrid di klasemen Grup D terbuka lebar. Dortmund duduk di peringkat 2 mengoleksi 4 poin. Kemenangan dari tangan Madrid, jelas meningkatkan moral bertanding Dortmund yang baru menuai kekalahan 1-2 dalam Revierderby kontra Schalke 04.

Meski menelan kekalahan, Klopp memberi garansi fokus dan konsentrasi anak asuhnya tetap terjaga saat meladeni juara La Liga tersebut. "Meski berada di bawah tekanan, kami harus tetap fokus. Kami tetap memiliki keuntungan, bermain di kandang," ujar pelatih bertangan dingin tersebut.

Kubu Madrid mematok target kemenangan. Harga mati buat Madrid jika ingin mengukuhkan posisi sebagai pemuncak klasemen "grup neraka." Dalam tiga partai La Liga terakhir, Madrid tak terkalahkan. Tim asuhan Jose Mourinho tersebut mendapat suntikan semangat usai menekuk Celta Vigo 2-0.

Gelandang jangkar Los Galacticos, Sami Khedira menekankan pentingnya merebut poin penuh dari tangan Dortmund. Jika ambisi tersebut terealisasi, kian melincinkan jalan Madrid lolos ke babak 16 besar. "Bila mampu memetik kemenangan, kami telah melakukan langkah besar di babak penyisihan grup."

"Ini akan menjadi momen spesial, karena atmosfer di Jerman sangat unik. Saya telah merasakan sewaktu masih bermain di Stuttgart. Atmosfer juara sangat terasa di Signal Iduna Park," ujar Khedira mengenang iklim pertandingan Bundesliga.

Senada dengan Khedira, pemain tengah Madrid, Michael Essien memasang target mengunci poin penuh di partai tandang. Meskipun dia memprediksi laga bakal berlangsung ketat. "Ini mungkin akan menjadi laga sulit. Tapi, kami harus bermain untuk menang di kandang Dortmund. Kami harus berada dalam penampilan puncak untuk mengemas tiga poin penuh," kata Essien kepada Marca.

Ajax dan Manchester City Saling Sikut

Di Belanda, pertandingan tidak kalah sengit tersaji saat Ajax Amsterdam menjamu pemegang mahkota Premier League, Manchester City. Tensi tinggi juga bakal mewarnai pertandingan ini.

Buat City, kemenangan menjadi harga mati untuk memperpanjang nafas bertahan di kompetisi antarklub Eropa. Jalan berliku harus ditempuh The Citizens di Liga Champions musim ini. Dari dua partai, tim besutan Roberto Mancini itu belum pernah meraih kemenangan. Sejauh ini, mereka baru bisa mendapat sekali imbang dan satu kali kekalahan.

Bila menelan kekalahan atau hasil imbang, tersingkir dari Liga Champions akan menjadi bayang-bayang wakil Inggris tersebut. Kondisi tersebut jelas menyudutkan City yang mematok target tinggi di kompetisi ini.

Meski berada dalam situasi sulit, City boleh menggantungkan asa kepada bomber haus gol, Edin Dzeko. Dia sedang berada dalam kepercayaan diri tinggi usai menyelamatkan City dari kekalahan saat duel dengan West Bromwich Albion di kancah Premier League.

"Keputusan memang berada di tangan pelatih. Tapi dia paham, jika saya selalu siap saat dibutuhkan. Kemenangan melawan Ajax sangat krusial. Ini pertandingan vital," ujar pemain asal Bosnia tersebut.

Di lain pihak, Ajax pun tidak ingin menyerahkan kemenangan ke tangan City begitu saja. Belum meraup satu pun poin, sepertinya menjadi pemantik semangat raksasa Belanda tersebut untuk membuyarkan ambisi City. Atmosfer Amsterdam ArenA bisa menjadi alasan utama, City tidak bisa kembali ke Inggris dengan kepala tegak.

"Anda harus bermain dengan kekuatan sendiri. Jika Anda bukan seorang pemain besar, Anda harus bermain cerdas," ujar pemain muda Ajax, Tobias Sana membakar gairah Amsterdammers menatap laga versus City. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar